Kombel MGMP IPA Subrayon 05 Purwantoro, adakan Bimtek : Desain Pembelajaran yang Berfokus CP-ATP terintegrasi RPP PK PMM

 


Bertempat di ruang rapat SMPN 2 Purwantoro, pada hari Sabtu 7 September 2024, Penggerak Kombel MGMP IPA SMP Subrayon 05 Purwantoro bersama anggota komunitas menyelenggarakan Bimtek ( Bimbingan Teknis ). Sejumlah 39 peserta mengikuti dengan antusias serta komitmen untuk menyelesaikan materi dan tugas dalam kegiatan ini.

Dra. Retno Hartini selaku Koordinator MGMP IPA Subrayon 05 Purwantoro dan selaku narasumber, menyampaikan motivasi yang mengesankan, menggerakkan, mendorong guru IPA untuk selalu meningkatkan kompetensinya dalam menjalankan tugas pembelajaran. Lebih lanjut disampaikan bahwa guru jangan sampai merasa terbebani dengan tugas yang sudah melekat pada diri pendidik, dan di masa sekarang ini sudah banyak alternatif strategi, model, metode, fasilitas teknologi untuk menjalankan tugas dalam era kurilulum merdeka.




Narasumber kedua, M. Ichwan Effendi, S.Pd, M.Pd menyampaikan materi desain pembelajaran yang berfokus pada CP-ATP. Beliau memaparkan tentang banyak hal, antara lain ; pemahaman CP ( Capaian Pembelajaran ) yang perlu dijabarkan dalam ATP, MA atau RPP. CP menjadi acuan umum, TP memberikan rincian spesifik untuk setiap unit pembelajaran, dan RPP menjadi rencana aksi yang mengarahkan pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Semua komponen ini bekerja sama untuk memastikan proses pembelajaran yang sistematis dan berorientasi pada pencapaian kompetensi siswa sesuai Kurikulum Merdeka. Dalam perilaku observasi pengelolaan kinerja PMM ( Platform Merdeka Mengajar ), harus diintegasikan dengan RPP, yang dimplementasikan dalam Aksi Nyata PMM.

Pada akhir kegiatan hari ini penyusunan Aksi Nyata atas panduan narasumber, telah berhasil dibuat beberapa  laporan aksi nyata peserta kegiatan. Dalam jangka waktu dua hari berikutnya, peserta diberikan tugas untuk menyusun aksi nyata dan pelaporan berdasarkan dua Lembar Kegiatan ( LK 1 dan 2 ) yang dibagikan. Bila tugas diselesaikan dengan baik, maka akan dibagikan sertifikat Bintek 20 Jam Pelajaran.

Nurhamudin, S.Pd selaku ketua penggerak kombel menekankan bahwa sertifikat bukan tujuan utama kegiatan, melainkan hanya sebagai bonus kegiatan, yang utama adalah peningkatan kompetensi guru dalam pelaksanaan tugas pembelajaran dan ending yang baik dalam pengelolaan kinerja dalam Platform Merdeka Mengajar.


Komentar

  1. Sangat luar biasa ....semangat guru hwebat

    BalasHapus
  2. lanjut-tingkatkan semangat nya. IPA Maju, Indonesia Baru

    BalasHapus

Posting Komentar