KOMBEL MGMP IPA Sub Rayon 05 Purwantoro Selenggarakan Berbagi Praktik Baik : “Pendalaman Materi dan Pengembangan Praktikum Sains ( Biologi)”

 

Kegiatan Kombel IPA tersebut diselenggarakan pada hari Sabtu, 12 Oktober 2024 bertempat di SMP Negeri 2 Bulukerto. Dihadiri oleh 39 anggota komunitas yang semuanya adalah guru IPA SMP di Sub Rayon 05 Purwantoro. Para peserta nampak sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini.

Hadir sebagai narasumber adalah Nurul Firdausi, S.Pd ( Guru IPA SMPN 1 Purwantoro ) dan Umu Mar’ah, S.Pd ( Guru IPA SMPN 2 Puhpelem). Kedua narasumber saling berkolaborasi dalam melakukan kegiatan berbagi praktik baik tentang bagaimana cara praktikum dan penggunaan peralatan laboratotium. Dalam kegiatan ini para peserta dibekali bagaimana cara melakukan praktikum dalam materi uji kandungan makanan, yang diawali dengan penyampaian Lembar Kegiatan Praktikum. Metode yang digunakan adalah JIGSAW. Para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan dilanjutkan dengan pembentukan kelompok ahli yang diisi oleh perwakilan dari setiap kelompok yang terbagi menjadi kelompok ahli uji karbohidrat, uji glukosa, uji protein dan uji lemak.

Pada kelompok ahli, para peserta melakukan praktikum uji kandungan makanan dari berbagai bahan makanan yang telah disediakan dengan bimbingan dari para narasumber. Setelah selesai masing-masing peserta kembali ke kelompok asal untuk berbagi pengalaman / ilmu kepada anggota kelompoknya yang diperoleh dari kegiatan kelompok ahli.                      

        Kegiatan inti ini diakhiri dengan presentasi masing-masing kelompok dari tugas yang telah dikerjakan, kemudian dilanjutkan dengan refleksi dan pemberian umpan balik dari narasumber maupun para peserta . Seorang peserta, Joko Ristanto, S.Si menanyakan kenapa zat penguji bisa digantikan dengan Fehling A dan Fehling B, dan bagaimana komposisi atau cara penggunaannya, maka narasumber menjelaskan dengan tepat.

Pada akhir kegiatan, langsung dibagikan sertifikat kegiatan sebagai peserta dan dua narasumber, yang ditandatangani oleh ketua Kombel dan Koordinator MGMP IPA Subrayon 05 Purwantoro. Nurhamudin, S,Pd. sebagai ketua Kombel MGMP IPA Sub Rayon 05 Purwantoro menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah salah satu bentuk komitmen  KOMBEL  IPA untuk meningkatkan kompetensi guru IPA. Diharapkan melalui kegiatan ini para guru IPA mampu memperoleh ilmu dan pengalaman dari para narasumber tentang praktikum sains  yang pada akhirnya nanti dapat dipraktikkan bersama para siswa di sekolah masing-masing. (YuniAK).




Komentar